%0 Thesis %9 S1 %A Nur, Chamidah %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:13352 %I PGSD %T PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI MARGOYASAN YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/13352/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri Margoyasan, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen jenis eksperimen kuasi. Populasi penelitian siswa kelas IV SD Negeri Margoyasan sebanyak 42 siswa, yang terbagi menjadi dua yaitu kelas IVA terdiri dari 21 siswa dan kelas IVB terdiri dari 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi dengan instrumen penelitian menggunakan tes dan lembar observasi. Kriteria kualitas tes menggunakan daya beda butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan cara membandingkan nilai rerata (mean) prestasi belajar IPS dari kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara kelompok eksperimen dan kontrol di mana nilai rerata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rerata (mean) populasi pada kelompok eksperimen sebesar 16,24 lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 14,60. Selisih nilai rerata (mean) antara kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 1,64. Kata kunci: pengelolaan kelas, prestasi belajar IPS