%0 Thesis %9 S1 %A Yuni, Purwanti %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:13331 %I PGSD %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA DENGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WINONGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014 %U http://eprints.uny.ac.id/13331/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah pada siswa kelas v SD N Winongkidul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Winongkidul. Objeknya adalah berupa kemampuan membaca pemahaman cerita dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktifitas guru dan siswa, dan soal tes kemampuan membaca pemahaman cerita. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman cerita kelas V SD N Winongkidul meningkat setelah dilaksanakannya kegiatan belajar dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman cerita dibuktikan dengan skor rerata pada siklus I adalah 64 dan meningkat menjadi 78 pada siklus II. Siswa yang mencapai kriteria keberhasilan mengalami peningkatan dari 26,47 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,4 pada siklus II. Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan aktivitas siwa dari siklus I ke siklus II, yaitu sebanyak 8 siswa berkategori aktivitas tinggi ( 24%) pada siklus I dan pada siklus II sebanyak 14 siswa berkategori aktivitas tinggi ( 41 % ), siswa tersebut aktif dalam kegiatan belajar, respon dan tanggapan siswa dalam bertanya atau menjawab pertanyaan serta persentasi di depan kelas. Kata kunci : kemampuan membaca pemahaman cerita, pemanfaatan perpustakaan sekolah