%0 Thesis %9 S3 %A Sriyono, Sriyono %B Program Pascasarjana %D 2014 %F UNY:13318 %I UNY %T Model Evaluasi Metode Standard Setting Fisika %U http://eprints.uny.ac.id/13318/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) konsistensi besarnya passing score tes kompetensi fisika SMA/MA kelas X semester I yang dihasilkan oleh metode Yes/No, Bookmark dan IDM pada area isi SK1 dan SK2; (2) metode yang paling efektif di antara metode Yes/No, Bookmark dan IDM dalam menghasilkan passing score tes kompetensi fisika SMA/MA kelas X semester I. Penelitian evaluasi ini melibatkan 12 panelis yang terbagi dalam tiga kelompok panel berdasarkan latar belakang akreditasi sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kompetensi fisika SMA/MA kelas X semester I yang terdiri atas dua standar kompetensi (SK) dan angket evaluasi proses pengaturan standar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis varian, korelasi dan G-study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Besar passing score tes kompetensi fisika SMA/MA kelas X semester I yang dihasilkan oleh metode Yes/No dan Bookmark konsisten, sedangkan IDM tidak konsisten. Pada SK1, passing score yang dihasilkan oleh metode Yes/No, Bookmark dan IDM pada level dasar berturut-turut berturut-turut 9,58 (73,69%); 8,83(67,92%) dan 9,08 (69,85%) sedangkan pada level pandai bertutut-turut 11,67(89,77%); 10,83 (83,31%) dan 11,33 (87,15%). Pada SK2, passing score yang dihasilkan oleh metode Yes/No, Bookmark dan IDM pada level dasar berturut-turut 11,50 (52,27%); 7,75 (35,23%) dan 11,25 (51,14%) sedangkan pada level pandai bertutut-turut 17,00 (77,27%); 15,42 (70,09%)dan 15,83 (71,95%); (2) metode Yes/No merupakan metode paling efektif digunakan untuk menentukan passing score tes kompetensi fisika SMA/MA semester I dibanding metode Bookmark dan IDM.