TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis karangan narasi, dan (2) meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas V SD N 3 Bondolharjo, Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 3 Bondolharjo yang berjumlah 13 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah (1) tes, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan mencari rerata. Hasil penelitian dengan menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD N 3 Bondolharjo Banjarnegara. Peningkatan proses pembelajaran menulis karangan narasi terlihat dari meningkatnya aktivitas, perhatian, partisipasi, dan antusias siswa mengikuti pembelajaran. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I sebesar 11,92 dari kondisi awal 56,15 menjadi 68,07. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siklus II sebesar 5 dari siklus I 68,07 menjadi 73,07. Kata Kunci : menulis karangan narasi, media gambar berseri, SD M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/13241/ Y1 - 2015/03/17/ ID - UNY13241 AV - public PB - PGSD TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKANMEDIAGAMBAR BERSERI SISWA KELAS VSD N 3 BONDOLHARJOBANJARNEGARA A1 - Heri, Susanto ER -