%A Harsul Maddini %X Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan model evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (model ERPRI) yang mencakup: a) prosedur pelaksanaan evaluasi yang dilakukan melalui empat langkah, b) konstruk instrumen yang digunakan untuk mengevaluasi program pembelajaran PAI di SMP, dan c) panduan pelaksanaan evaluasi berupa tatacara pengadministrasian instrumen, penskalaan instrumen, penskoran respons terhadap butir instrumen, dan kriteria baik atau tidaknya hasil evaluasi; 2) mengungkapkan tingkat keefektivan model yang dibuktikan melalui overal goodness of fit index dan melalui signifikansi hubungan antarvariabel berupa pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung dari variabel eksogen terhadap variabel-variabel endogen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dalam tiga tahap yakni: tahap pra pengembangan, tahap pengembangan, dan tahap penyajian/diseminasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis inferensial kuantitatif. Analisis validitas dan reliabilitas data kualitatif menggunakan metode trianggulasi dan expert judgment, sementara untuk data kuantitatif menggunakan tiga metode analisis yaitu; metode Cronbach’s Alpha dengan bantuan program SPSS versi 20, metode Exploratory Factor Analysis (EFA) juga dengan bantuan program SPSS versi 20, dan metode Generalizability theory dengan bantuan program Genova versi 3.1. Penentuan model fit dan signifikansi pengaruh antarvariabel menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program Lisrel versi 8.80. Hasil penelitian berupa: 1) sebuah model evaluasi yang disebut ERPRI terdiri atas: a) prosedur pelaksanaan evaluasi, b) instrumen yang digunakan dalam kegiatan evaluasi memiliki reliabilitas instrumen untuk tiap komponen rata-rata berada di atas nilai cutscore (>0,70), dan validitas butir tiap instrumen rata-rata di atas nilai cutscore (>0,50), c) panduan pelaksanaan evaluasi berupa tata cara penskalaan instrumen, pengadministrasian instrumen, penskoran respons terhadap butir instrumen, dan kriteria baik atau tidaknya hasil evaluasi; 2) model ERPRI yang memiliki tingkat keefektivan yang baik. Bukti keefektivan model dapat dilihat dari hasil uji kesesuaian model yaitu nilai chi square (χ2) = 54,25 df = 47, p-value = 0,21768 (p > 0,05), dan Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) = 0,073. Hal ini menunjukkan bahwa model sesuai dengan kriteria goodness of fit index. Bukti selanjutnya yaitu adanya hubungan berupa pengaruh langsung dan tak langsung baik dari variabel eksogen terhadap variabel endogen, maupun dari variabel endogen terhadap variabel endogen lainnya.Variabel Environment of Religiosity secara signifikan berpengaruh langsung terhadap variabel Process (TE = 0,36), juga berpengaruh secara signifikan baik langsung maupun tidak langsung terhadap variabel Result (TE = 0,35), serta berpengaruh langsung dan tak langsung terhadap variabel Impact (TE = 0,30). Variabel Process secara signifikan berpengaruh langsung terhadap variabel Result (TE = 0,18), juga berpengaruh secara signifikan baik langsung maupun tidak langsung terhadap variabel Impact (TE = 0,39).Variabel Result secara signifikan berpengaruh langsung terhadap variabel Impact (TE = 0,15). %K model ERPRI, evaluasi, validitas, reliabilitas, overal goodness of fit index %L UNY13210 %D 2014 %I UNY %T Model Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP dan Kaitannya dengan Perilaku Siswa