eprintid: 13177
rev_number: 12
eprint_status: archive
userid: 1190
dir: disk0/00/01/31/77
datestamp: 2015-03-17 04:14:09
lastmod: 2019-01-29 19:03:02
status_changed: 2015-03-17 04:14:09
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Cicilia Pascadina, Tri Aprilian
creators_id: pascadinabayu_nada@yahoo.com
title: KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM AKTIVITAS SENI MUSIK DI KELOMPOK B TK BHAKTI SIWI SORAN KLATEN
ispublished: unpub
subjects: pssd_pgpaud
divisions: fip_paud
full_text_status: public
abstract: Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  kemampuan  kognitif  anak  dalam aktivitas  seni  musik  di  TK  Bhakti  Siwi,  Soran,  Klaten  Kelompok  B  dalam  tingkatan kemampuan kognitif dengan penilaian pengetahuan dan pemahaman pada anak.
Desain penelitian  yang  digunakan  adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Subjek penelitian sebanyak 20 anak yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 8 anak  laki-laki.  Objek  dari  penelitian  ini  adalah  kemampuan  kognitif  anak.  Data  yang terkumpul di analisis secara kontekstual berdasarkan kemampuan solfegio (unsur seni) dan kemampuan mengungkapkan kembali sebuah nyanyian. Data dikumpulkan melalui observasi tidak terstruktur selama dua kali untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan interaksi sosial  antar  guru  (kolaborator)  dan  anak,  serta  wawancara  untuk  mengetahui   tingkat pemahaman tentang isi dan makna syair, lagu, dan nada. Dokumentasi untuk mengetahui gambaran atau keadaan langsung siswa pada saat dilakukan pembelajaran seni musik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif mengalami perkembangan dalam  aktivitas  seni  musik.  Kemampuan  kognitif  pada  anak  dalam  aktivitas  seni  musik dikatakan optimal karena dengan  musik, anak akan tertarik untuk belajar, seperti belajar penjumlahan melalui lagu, pengetahuan terhadap daya ingat anak dan menghafal dalam lagu, serta  pemahaman  anak  dalam  lirik,  nada  dan  ritme.  Penilaian  pengetahuan  anak  dalam aktivitas seni musik tercentang BSB (Berkembang Sangat Baik) apabila anak sudah mampu mengenal  dan  mengingat  lagu.  Penilaian  pemahaman  anak  dalam  aktivitas  seni  musik tercentang BSB apabila anak sudah mampu mengingat lagu, lirik, nada, irama yang diajarkan. Sedangkan untuk kriteria MB dan BB di kelompok B TK Bhakti Siwi Soran terbilang tidak ada yang tercentang BB, hampir semua anak kelompok B TK Bhakti Siwi Soran tercentang BSB, BSH dan MB.

Kata kunci: kemampuan kognitif, aktivitas seni musik
date: 2015-03-17
date_type: published
institution: PG PAUD
department: Fakultas Ilmu Pendidikan
thesis_type: skripsi
citation:   Cicilia Pascadina, Tri Aprilian  (2015) KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM AKTIVITAS SENI MUSIK DI KELOMPOK B TK BHAKTI SIWI SORAN KLATEN.  S1 thesis, PG PAUD.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/13177/1/SKRIPSI-Cicilia%20Pascadina%20Trie%20Aprilian.pdf