%0 Thesis %9 S1 %A Aryati, Dewi %B Pendidikan Teknik Boga dan Busana %D 2015 %F UNY:13167 %I Fakultas Teknik %T PENDAPAT SISWA TENTANG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATA DIKLAT PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA ORIENTAL DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/13167/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat siswa tentang implementasi mata diklat pengolahan makanan Indonesia Oriental di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Implementasi pembelajaran mata diklat pengolahan makanan Indonesia Oriental tersebut meliputi perencanaan pembelajaran , pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus, di mana sebagai objek penelitian adalah SMK Negeri 6 Yogyakarta khususnya Program keahlian Restorant. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif, di mana dalam penelitian ini hanya mendeskripsikan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan tanpa mengadakan perubahan pada masing-masing variabel penelitian. Subjek penelitian sebanyak 86 siswa Program Keahlian Restorant. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket dan dokumentasi. Validitas dan reabilitas instrumen penelitian diuji dengan bantuan program SPSS for Windows 12.0 dengan taraf signifikansi 5%. Nilai koefisien Alpha untuk instrumen perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi secara berturut-turut adalah 0.925, 0,966 dan 0,839, sehingga mempunyai tingkat reliabilitas sangat tinggi. Hasil keseluruhan dari perhitungan implementasi dapat dikatakan dengan princian sebagai berikut: aspek perencanaan 84,8 %, aspek pelaksanaan 74,67 % dan aspek evaluasi 83,2 %. Hasil penelitian menunjukkan pendapat siswa tentang implementasi pembelajaran mata diklat pengolahan makanan Indonesia Oriental secara keseluruhan diperoleh mean sebesar 208,27, sehingga termasuk dalam kategori baik. Aspek perencanaan diperoleh mean sebesar 64,47, sehingga termasuk dalam kategori baik sekali. Aspek pelaksanaan diperoleh mean sebesar110,52 sehingga termasuk dalam kategori baik, dan dari aspek evaluasi diperoleh nilai mean sebesar 33,28, sehingga masuk dalam kategori baik sekali. Secara umum implementasi mata diklat pengolahan makanan Indonesia Oriental sudah baik sekali dan perlu dipertahankan, hanya saja untuk aspek pelaksanaan perlu lebih dioptimalkan dalam menggunakan media pembelajaran, media yang digunakan untuk pembelajaran teori menggunakan medi chart, papan tulis, ohp dan oht, lcd dan laptop, media yang digunakan pada saat pratikum menggunakan media jadi, metode yang digunakan metode tanya jawab, metode ceramah, metode diskusi,dan metode demonstrasi. Kata’kunci : Pendapat Siswa, Implementasi Pembelajaran Mata Dilklat Pengolahan Makanan Indonesia Oriental, SMK Negeri