@phdthesis{UNY13149, month = {March}, title = {KESIAPAN GURU SMK NEGERI 2 KLATEN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013}, author = {Wahyudi Wahyudi}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2015}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kesiapan perencanaan pembelajaran guru program keahlian teknik bangunan berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Klaten, (2) kesiapan pelaksanaan pembelajaran guru program keahlian teknik bangunan berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Klaten, dan (3) kesiapan evaluasi pembelajaran guru program keahlian teknik bangunan berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Variabel penelitian merupakan variabel tunggal yaitu kesiapan guru SMK Negeri 2 Klaten program keahlian teknik bangunan dalam implementasi kurikulum 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru teknik bangunan yang sedang mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Klaten yang berjumlah 10 guru. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Data penelitian dikumpulkan melalui angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kesiapan perencanaan pembelajaran guru program keahlian teknik bangunan berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Klaten masuk dalam kategori siap dengan rerata (mean) 15.10 terletak pada kelas interval skor {\ensuremath{>}}15 terdapat 5 guru teknik bangunan (50.00\%), (2) kesiapan pelaksanaan pembelajaran guru program keahlian teknik bangunan berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Klaten masuk dalam kategori siap dengan rerata (mean) 58.90 terletak pada kelas interval skor {\ensuremath{>}}57 terdapat 4 guru teknik bangunan (40.00\%), dan (3) kesiapan evaluasi pembelajaran guru program keahlian teknik bangunan berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Klaten masuk dalam kategori siap dengan rerata (mean) 55.10 terletak pada kelas interval skor {\ensuremath{>}}54 terdapat 4 guru teknik bangunan (40.00\%), (4) serta sebanyak 80\% dokumen RPP yang telah disusun oleh guru formatnya telah sesuai dengan ketentuan Kata kunci: kesiapan guru, implementasi kurikulum 2013.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/13149/} }