%L UNY13076 %D 2014 %T Evaluasi Manajemen Laboratorium Kimia Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Yogyakarta %A Khaeran Nur Fannani %I UNY %K Manajemen laboratorium kimia, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, keefektifan %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh informasi mengenai manajemen laboratorium kimia di SMA Kota Yogyakarta, yang ditinjau dari komponen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaaan, dan pengawasan, (2) mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat manajemen laboratorium kimia, serta (3) mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap keefektifan manajemen laboratorium kimia menurut persepsi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi kesenjangan (discrepancy). Penelitian dilakukan pada 8 laboratorium kimia SMA di Kota Yogyakarta. Subjek penelitian terdiri dari 8 orang kepala sekolah, 8 orang guru, 6 orang laboran, serta 255 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian divalidasi berdasarkan pertimbangan ahli (expert judgement) dan uji coba. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) manajemen laboratorium kimia pada 8 sekolah yang diteliti efektif dengan komponen perencanaan berada pada kategori efektif, komponen pengorganisasian berada pada kategori efektif, komponen pelaksanaan berada pada kategori efektif, komponen pengawasan berada pada kategori efektif; (2) faktor yang mendukung manajemen laboratorium kimia adalah komponen pelaksanaan, sedangkan faktor yang menghambat adalah kurangnya fasilitas ruangan pendukung laboratorium, kurangnya tenaga laboran, dan kurang lengkapnya administrasi laboratorium; serta (3) faktor yang berpengaruh terhadap keefektifan manajemen labratorium kimia menurut persepsi peserta didik adalah pelaksanaan sebesar 16,1%, pengawasan sebesar 5%, dan perencanaan sebesar 3,8%.