%L UNY13052 %K kompetensi guru fisika, pedagogik, profesional, kepribadian, sosial %A Oni Kresnawan Sugiyatmojo %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kompetensi guru Fisika SMA/MA di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul, yang mencakup kemampuan dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai tenaga pendidik yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Penelitian ini adalah penelitian survei yang menggunakan model pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yang dilaksanakan di 19 SMA/MA negeri maupun swasta di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul. Populasi penelitian adalah 36 sekolah dengan jenjang SMA/MA : 22 berstatus negeri (18 di bawah naungan Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal, empat di bawah Departemen Agama) sedangkan 14 berstatus swasta dengan latar belakang umum maupun keagamaan. Subjek penelitian adalah 30 orang guru Fisika. Pengumpulan data dilakukan dengan metode non-tes yaitu metode pengamatan. Variabel yang diamati adalah kompetensi guru Fisika SMA/MA, yang meliputi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Kompetensi-kompetensi diungkap dari aspek keterlaksanaan pembelajaran, dokumen portofolio guru, dan dokumen perangkat pembelajaran. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pengamatan guru Fisika, yang digunakan oleh pemantau dan penilai yang meliputi kepala sekolah, guru sejawat, siswa dan peneliti. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru Fisika SMA/MA di Kabupaten Bantul berkriteria tinggi. Sedangkan kompetensi kepribadian dan sosial guru Fisika SMA/MA di Kabupaten Bantul berkriteria sangat tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran dan pengamatan dokumen pembelajaran guru Fisika SMA/MA Kabupaten Bantul berkriteria berkriteria tinggi. %T Kompetensi Guru Fisika (Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Sosial) Studi Kasus SMA/MA Kabupaten Bantul %I UNY %D 2015