%0 Thesis %9 S1 %A Rosida Putri Nusantari %B Fakultas Bahasa dan Seni %D 2012 %F UNY:1303 %I UNY %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEMANU DENGAN MEDIA ARSIP RINGKASAN CERITA TAYANGAN KICK ANDY METRO TV %U http://eprints.uny.ac.id/1303/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Semanu melalui penggunaan media pembelajaran yaitu arsip ringkasan cerita tayangan Kick Andy Metro TV Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Semanu yang berlokasi di Semanu Selatan, kecamatan Semanu, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Semanu tahun ajaran 2011/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan memanfaatkan media arsip ringkasan cerita tayangan Kick Andy. Data diperoleh dengan pengamatan, wawancara, angket, dan dokumentasi berupa hasil tulisan siswa dan foto-foto selama tindakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media arsip ringkasan cerita tayangan Kick Andy dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas X SMA Negeri 1 Semanu dalam menulis cerpen. Penggunaan media tersebut juga meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Semanu. Peneingkatan kualitas proses pembelajaran dapat dilihat dengan adanya perubahab sikap siswa pada proses pembelajaran. Siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran menulis cerpen. Peningkatan keterampilan menulis cerpen dapat dilihat dari peningkatan skor yang terjadi dari tahap pratindakan hingga Siklus II pada setiap aspek penilaian, yaitu aspek isi, organisasi dan penyajian, bahasa, dan mekanik. Peningkatan keterampilan menulis cerpen pada aspek isi sebanyak 4,42 dengan rincian skor pratindakan adalah 22,23. siklus I sebesar 25,01, dan siklus II sebesar 26,65. Peningkatan pada aspek organisasi dan penyajian adalah 6,89 poin, dengan rincian skor pratindakan sebesar 24,42, siklus I sebesar 28,83, dan siklus II sebesar 31,31. Aspek bahasa mengalami peningkatan sebesar 3,23 poin dengan rincian skor pratindakan sebesar 11,66, silkus I sebesar 13,45, dan siklus II sebesar 14,89. Peningkatan skor rata-rata aspek mekanik adalah 1,87 poin dengan rincian skor pratindakan sebesar 5,18, siklus I sebesar 6,12, dan siklus II sebesar 7,05.