%0 Thesis
%9 S1
%A Friska, Risky Septikasari
%B Fakultas Ilmu Pendidikan
%D 2015
%F UNY:12991
%I PG PAUD
%T PENINGKATANPEMAHAMANKONSEP UKURAN MELALUI KEGIATAN BERMAINPASIR MENGGUNAKANNERACASEDERHANA PADAKELOMPOK ARANURULUMMAHKARANGDUWET, MOJAYAN,KLATEN TENGAH
%U http://eprints.uny.ac.id/12991/
%X Penelitian inibertujuan untukmeningkatkanpemahamankonsepukuranpada anakkelompokARANurulUmmahKarangduwetmelaluikegiatanbermainpasir. Penelitianinidilatarbelakangiolehmediapengenalankonsepukuranyang terbatas padapenggunanLKAdan penugasan di buku tulis.  Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelaskolaboratif. Subjek dalam penelitianiniadalah anak-anakkelompokA RANurulUmmah Karangduwetpada TahunAjaran2013/2014.Jumlah anakpada tahunajarantersebutadalah15yang terdiridari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Objek penelitian adalah pemahamankonsepukuranyangdimilikiolehanak.Metodeyangdigunakanuntuk mengumpulkandatayaituobservasidandokumentasi.Analisisdata menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.  Hasilobservasipemahamananakmengenaikonsepukuranpadapratindakan  adalah32,2%danmengalamipeningkatan18%padasiklusI menjadi50,2%. Berdasarkanhasilrefleksi dilakukanperbaikanberupa menyederhanakaninstruksi permainan dan menyebutkan hasiltakaran menggunakan sebutan lain. Setelah dilakukantindakanpadasiklusII pemahamananakmengenaikonsepukuran mengalami peningkatankembali sebesar25,6%menjadi 85,8%.Tahapan bermain pasiryang dilakukanadalahmelakukanperbandinganmengenaiukuranpasir, melakukanpengukuranmenggunakanneracasederhanaserta memecahkan permasalahansederhanaberupa menyeimbangkanposisineracasederhanadan menambahtakaranpada salahsatugelaslalumelihatkembaliposisineraca. Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa melaluikegiatan bermainpasirdapatmeningkatkanpemahamananakmengenaikonsepukuran pada Kelompok A RA NurulUmmah Karangduwet.      Kata kunci:konsepukuran, bermain pasir, kelompokA