@phdthesis{UNY12991,
            year = {2015},
           month = {March},
          school = {PG PAUD},
           title = {PENINGKATANPEMAHAMANKONSEP UKURAN MELALUI KEGIATAN BERMAINPASIR MENGGUNAKANNERACASEDERHANA PADAKELOMPOK ARANURULUMMAHKARANGDUWET, MOJAYAN,KLATEN TENGAH},
          author = {Risky Septikasari Friska},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/12991/},
        abstract = {Penelitian inibertujuan untukmeningkatkanpemahamankonsepukuranpada anakkelompokARANurulUmmahKarangduwetmelaluikegiatanbermainpasir. Penelitianinidilatarbelakangiolehmediapengenalankonsepukuranyang terbatas padapenggunanLKAdan penugasan di buku tulis.
Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelaskolaboratif. Subjek dalam penelitianiniadalah anak-anakkelompokA RANurulUmmah Karangduwetpada TahunAjaran2013/2014.Jumlah anakpada tahunajarantersebutadalah15yang terdiridari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Objek penelitian adalah pemahamankonsepukuranyangdimilikiolehanak.Metodeyangdigunakanuntuk mengumpulkandatayaituobservasidandokumentasi.Analisisdata menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasilobservasipemahamananakmengenaikonsepukuranpadapratindakan
adalah32,2\%danmengalamipeningkatan18\%padasiklusI menjadi50,2\%. Berdasarkanhasilrefleksi dilakukanperbaikanberupa menyederhanakaninstruksi permainan dan menyebutkan hasiltakaran menggunakan sebutan lain. Setelah dilakukantindakanpadasiklusII pemahamananakmengenaikonsepukuran mengalami peningkatankembali sebesar25,6\%menjadi 85,8\%.Tahapan bermain pasiryang dilakukanadalahmelakukanperbandinganmengenaiukuranpasir, melakukanpengukuranmenggunakanneracasederhanaserta memecahkan permasalahansederhanaberupa menyeimbangkanposisineracasederhanadan menambahtakaranpada salahsatugelaslalumelihatkembaliposisineraca. Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa melaluikegiatan bermainpasirdapatmeningkatkanpemahamananakmengenaikonsepukuran pada Kelompok A RA NurulUmmah Karangduwet.


Kata kunci:konsepukuran, bermain pasir, kelompokA}
}