%0 Thesis %9 S2 %A Setyawati, Heni %B Program Pascasarjana %D 2015 %F UNY:12967 %I UNY %K Pengembangan, perangkat pembelajaran berbasis masalah, keterampilan proses sains, sikap peduli lingkungan %T Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X SMA N 1 Sleman pada Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah %U http://eprints.uny.ac.id/12967/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang valid dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X SMA N 1 Sleman pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall dengan melalui tujuh tahap yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) penyusunan produk awal, (4) validasi produk, (5) uji coba terbatas, (6) uji coba luas, dan (7) diseminasi. Subjek uji coba pada penelitian ini sebanyak 40 siswa dengan rincian 11 siswa untuk uji coba terbatas, 28 siswa sebagai kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah, dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol yang pembelajarannya menggunakan perangkat pembelajaran yang sudah ada di sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi produk, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa, tes keterampilan proses sains, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar observasi sikap peduli lingkungan, lembar angket sikap peduli lingkungan, tes sikap peduli lingkungan, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata sebesar 4,52 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan dari segi kepraktisan mencapai kategori sangat baik dengan persentase rata-rata keterlaksanaan RPP sebesar 87,90%, pada uji coba terbatas dan 97,22% pada uji coba luas. Hasil menunjukkan bahwa ditinjau dari segi keefektivan perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan berdasarkan perbandingan keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.