@phdthesis{UNY12962, year = {2015}, school = {PGSD}, title = {UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEER LESSONS PADA SISWA KELAS IV SDN NGLAHAR KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN}, author = {- Priyono}, month = {March}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan strategi pembelajaran Peer Lessons pada kelas IV SD Negeri Nglahar, Moyudan, Sleman tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Nglahar, Moyudan, Sleman semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 18 siswa, terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen berupa lembar observasi dan soal tes. Sebelum digunakan instrumen terlebih dahulu divalidasi secara expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar IPS yakni 75\% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran Peer Lessons. Sebelum dilakukan tindakan 8 siswa mencapai ketuntasan (44,44\%) dan 10 siswa belum mencapai ketuntasan (55,56\%). Setelah dilakukan tindakan siklus I siswa yang mencapai ketuntasan 11 siswa (61,11\%) dan belum tuntas 7 siswa (38,89\%). Setelah tindakan siklus II, siswa tuntas belajar 15 siswa (83,33\%) dan belum tuntas 3 siswa (16,67\%). Kata kunci: hasil belajar, IPS, strategi pembelajaran Peer Lessons.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/12962/} }