TY - THES TI - Keefektifan Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau dari Sikap Terhadap Matematika dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP A1 - Atini, Noor laila M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/12951/ PB - UNY KW - Pembelajaran kooperatif KW - CRH KW - NHT KW - sikap siswa terhadap matematika KW - prestasi belajar matematika siswa AV - public Y1 - 2015/01/31/ ID - UNY12951 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan cooperative learning tipe Course Review Horay (CRH) dan tipe Numbered Heads Together (NHT) yang ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan prestasi belajar matematika; menyelidiki pembelajaran yang lebih efektif diantara model cooperative learning tipe CRH dan model cooperative learning tipe NHT ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri SMP 12 Yogyakarta yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi yang ada diambil sampel secara random dua kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB sebagai sampel penelitian. Kelas VIIA belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan kelas VIIB belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes yaitu tes prestasi belajar matematika dan instrumen nontes yaitu angket sikap siswa terhadap matematika. Untuk menguji keefektifan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT digunakan analisis one sample t-test. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling, dan independent t-test untuk menentukan model pembelajaran manakah yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan prestasi belajar matematika; 2) model pembelajaran kooperatif tipe CRH lebih efektif dibanding model pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan prestasi belajar matematika siswa. ER -