TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/12879/ M1 - tesis ID - UNY12879 KW - pengembangan KW - bahan ajar KW - teori belajar Ausubel AV - public TI - Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel A1 - Gazali, Rahmita Yuliana PB - UNY Y1 - 2014/10/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berdasarkan teori belajar Ausubel untuk siswa SMP berupa lembar kegiatan siswa (LKS), namun terlebih dahulu dikembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan kelengkapannya yaitu tes prestasi belajar (TPB) dimana RPP dan LKS memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta TPB memenuhi kriteria valid, praktis, dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model Borg & Gall yang terdiri dari tiga langkah utama yaitu tahap studi pendahuluan, tahap desain produk, dan tahap pengembangan dan evaluasi. Subjek uji coba penelitian adalah siswa-siswa SMP Negeri 1 Prambanan, Klaten yang terdiri dari 2 kelas, yaitu 1 kelas uji coba (menggunakan bahan ajar yang dikembangkan) sebanyak 33 siswa dan 1 kelas kontrol (tidak menggunakan bahan ajar yang dikembangkan) sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dibantu oleh dua guru SMP Negeri 1 Prambanan, Klaten dan satu observer. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, lembar kepraktisan guru, lembar kepraktisan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan TPB. Penelitian ini menghasilkan RPP dan LKS yang valid, praktis, dan efektif serta TPB yang valid, praktis, dan reliabel. Kevalidan produk dilihat dari hasil validasi ahli yang menyatakan bahwa produk yang dihasilkan mencapai kriteria valid untuk LKS dan sangat valid untuk RPP dan TPB. Kepraktisan produk dilihat dari lembar kepraktisan guru dan lembar kepraktisan siswa yang menunjukkan bahwa produk memenuhi kriteria sangat praktis, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang menunjukkan bahwa rata-rata persentase yang dicapai pada tiga pertemuan adalah 88,24%. Keefektifan produk diperoleh dari nilai tes prestasi belajar, data proyek siswa, dan penilaian sikap siswa antar teman sejawat. Ditinjau dari hasil tes prestasi belajar siswa, persentase ketuntasan siswa pada kelas uji coba mencapai 71,43%, sedangkan persentase ketuntasan siswa pada kelas kontrol mencapai 25%. Hasil uji statistika memperkuat bahwa nilai siswa pada kelas uji coba lebih unggul dibandingkan nilai siswa pada kelas kontrol. Pada data proyek siswa diperoleh persentase ketuntasan pada kelas uji coba mencapai 72,73%. Sedangkan pada penilaian sikap siswa antar teman sejawat, diperoleh sikap rasa ingin tahu siswa terhadap pembelajaran matematika mencapai kriteria baik dan ketertarikan siswa terhadap kegunaan matematika mencapai kriteria sangat baik. ER -