@phdthesis{UNY12811, month = {March}, title = {Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Living Values untuk Menumbuhkan Sikap Positif terhadap IPA dan Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama}, author = {Siti Khuzaimah}, school = {UNY}, year = {2014}, url = {http://eprints.uny.ac.id/12811/}, keywords = {Perangkat pembelajaran, living values, sikap positif terhadap IPA, karakter}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Living Values sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VIII, serta 2) menumbuhkan sikap positif terhadap IPA dan karakter peserta didik SMP kelas VIII pada materi pernapasan manusia dan Hukum Boyle. Penelitian ini menggunakan model pengembanganThiagarajan terdiri dari 4 tahap yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (diseminasi). Tahap define dilakukan identifikasi kebutuhan proses pembelajaran, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis integrasi living values, dan perumusan tujuan. Tahap design disusun desain awal Perangkat Pembelajaran IPA berbasis living values. Tahap develop dilakukan pengembangan dan validasi produk awal Perangkat Pembelajaran IPA berbasis living values oleh ahli Perangkat Pembelajaran dan dinilai oleh praktisi pendidikan serta diujicoba di kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Wates. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Wates yang berjumlah 3 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIIC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi, angket sikap positif, dan lembar dilema moral. Analisis data observasi karakter yang digunakan adalah t-Test Samples Independent dengan taraf signifikansi 0,05. Analisis data sikap positif terhadap IPA menggunakan Two-Independent Samples Test dengan uji Mann Whitney dan taraf signifikansi 0,05. Jawaban dilema moral peserta didik dianalisis secara deskriptif kualitatif. Tahap disseminate dilakukan di sekolah sesama pendidik IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perangkat Pembelajaran IPA berbasis living values berkategori ?sangat baik? sehingga dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis sikap positif peserta didik terhadap IPA menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil analisis karakter menunjukkan karakter tanggung jawab berbeda secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda tetapi tidak signifikan} }