TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar IPS, dan (2) meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Krebet Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo dengan menerapkan metode discovery. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Krebet Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode discovery melalui tahap stimulasi, perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data, verifikasi, dan generalisasi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS. Keberhasilan peningkatan motivasi belajar IPS diketahui dari rata-rata skor yang pada pra tindakan adalah 55, selanjutnya pada siklus I menjadi 82, dan pada siklus II menjadi 88. Persentase ketuntasan prestasi belajar IPS siswa juga mengalami peningkatan yang pada pra tindakan 46%, kemudian pada siklus I menjadi 77% dan pada siklus II mencapai 100%. Kata kunci: metode discovery, motivasi belajar IPS, prestasi belajar IPS Y1 - 2015/04/10/ PB - PGSD A1 - Gordella, Nugraheni TI - PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI KREBET KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO M1 - skripsi AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/12796/ ID - UNY12796 ER -