@phdthesis{UNY12791, school = {UNY}, year = {2014}, month = {October}, title = {Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Aspek Keterampilan Proses IPA dan Kepedulian Lingkungan Siswa SMPN 5 Depok Sleman}, author = {Riesmiyati Riesmiyati}, keywords = {pendekatan pembelajaran berbasis proyek, keterampilan proses IPA, kepedulian lingkungan}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam aspek keterampilan proses IPA dan kepedulian lingkungan siswa SMPN 5 Depok sleman pada materi bahan kimia rumah tangga. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Depok Sleman pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Sampel dipilih sebanyak dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Dua kelas yang dipilih terbagi menjadi dua, yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 31 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, sedangkan kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, angket dan tes yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik observasi dan tes digunakan untuk memperoleh data keterampilan proses, sedangkan angket untuk memperoleh data kepedulian lingkungan. Aspek keterampilan proses yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah penyusunan hipotesis, inferensi dan komunikasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS TM 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek efektif meningkatkan keterampilan proses IPA dan kepedulian lingkungan siswa SMPN 5 Depok Sleman secara signifikan.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/12791/} }