TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil kemampuan membaca dan menulis permulaan pada pelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik(SAS) pada siswa kelas I SDN Ngluwar 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas I SDN Ngluwar 2 sebanyak 28 siswa yang terdiri 16 siswa laki- laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes membaca, tes menulis, observasi, dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan data kualitatif dengan menggunakan model alur. Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa dengan nilai rata- rata 68 dan ketuntasan siswa mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kualitas proses dan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa. Meningkatnya kualitas proses pembelajaran ditandai dengan meningkatnya keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil nilai rata- rata kemempuan membaca dan menulis permulaan siswa pada kondisi awal sebesar 60,61. Nilai rata- rata pada siklus I meningkat 4,6 (kondisi awal 60,61 menjadi 65,21) dan pada siklus II meningkat 10,77 (kondisi awal 60,61 menjadi 71,39) Kata kunci: Kemampuan membaca dan menulis permulaan, metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Y1 - 2015/03/10/ PB - PGSD TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK PADA SISWA KELAS 1 SDN NGLUWAR 2 MAGELANG JAWA TENGAH A1 - Reni, Dwi M1 - skripsi AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/12761/ ID - UNY12761 ER -