TY - THES PB - UNY TI - Perbedaan Implementasi Pendekatan Kontekstual dan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran IPA Ditinjau dari Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep A1 - Hastuti, Noviana Anjar AV - public KW - pendekatan kontekstual KW - pendekatan sains teknologi masyarakat KW - keterampilan proses KW - pemahaman konsep KW - pembelajaran IPA ID - UNY12752 Y1 - 2014/07/26/ UR - http://eprints.uny.ac.id/12752/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dan STM ditinjau dari (1) keterampilan proses dan pemahaman konsep; (2) keterampilan proses; (3) pemahaman konsep; (4) mengetahui perbedaan implementasi pendekatan kontekstual dan STM ditinjau dari keterampilan proses peserta didik; (5) mengetahui perbedaan implementasi pendekatan kontekstual dan STM ditinjau dari pemahaman konsep peserta didik jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik, pada tema pencemaran air di SMPN 1 Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan desain post-test only group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Sentolo yang terdiri dari empat kelas dengan 130 peserta didik. Sampel dipilih secara acak dengan cara undian, sehingga didapat dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu 32 peserta didik di kelas VII D menggunakan pendekatan kontekstual dan 33 peserta didik di kelas VII A menggunakan pendekatan STM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dengan instrumen pedoman observasi dan teknik tes. Pedoman observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan proses peserta didik, sedangkan teknik tes digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat yang dilanjutkan dengan uji univariat menggunakan uji-t dan uji anakova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan STM ditinjau dari (1) keterampilan proses dan pemahaman konsep; (2) keterampilan proses; (3) pemahaman konsep; (4) pendekatan STM kurang atau sama efektif dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari keterampilan proses peserta didik; (5) pendekatan STM lebih efektif dari pendekatan kontekstual ditinjau dari pemahaman konsep jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik, pada tema pencemaran air di SMPN 1 Sentolo. M1 - tesis ER -