@phdthesis{UNY12744, year = {2014}, month = {June}, author = {Lely Setyowati Ningrum}, title = {Pengembangan Bahan Ajar Integrated Science Pocket Book Bertema ?Rokok dan Kesehatan? untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Peserta Didik SMP Negeri 2 Temanggung}, school = {UNY}, keywords = {bahan ajar, integrated science, pocket book, rokok dan kesehatan, motivasi belajar, pemahaman peserta didik}, url = {http://eprints.uny.ac.id/12744/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas kelayakan produk bahan ajar Integrated Science Pocket Book (ISPB) bertema ?Rokok dan Kesehatan? berdasarkan standar mutu buku sebagai bahan ajar, (2) apakah penggunaan bahan ajar ISPB bertema ?Rokok dan Kesehatan? sebagai sumber belajar dapat meningkatkan motivasi belajar, (3) apakah penggunaan bahan ajar ISPB bertema ?Rokok dan Kesehatan? sebagai sumber belajar dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg \& Gall, namun penelitian ini hanya menggunakan langkah 1-7 yang terdiri atas: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) mengembangkan bentuk awal produk, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk utama, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk operasional, yang dikelompokkan menjadi tiga langkah utama, yaitu: pendahuluan, pengembangan, uji coba.. Subyek coba penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas VIII sejumlah 33 orang dengan rincian 9 peserta didik untuk uji coba terbatas dan 24 peserta didik untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan tes (pretes dan postes). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk bahan ajar ISPB bertema ?Rokok dan Kesehatan? mempunyai kualitas sangat baik ditinjau dari aspek: kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan. Skor rata-rata seluruh aspek adalah 84,5 (dari skor maksimal 100) berdasarkan velidasi ahli matei dan media. Berdasarkan penilaian pendidik IPA, skor rata-rata seluruh aspek adalah 93 (kategori sangat baik). Berdasarkan penilaian teman sejawat, skor rata-rata seluruh aspek adalah 89 (kategori sangat baik). Respon peserta didik pada uji coba terbatas merupakan skor rata-rata seluruh aspek adalah 93,33 (kategori sangat baik). Respon peserta didik pada uji coba lapangan merupakan skor rata-rata seluruh aspek adalah 91,08 (kategori sangat baik). Pembelajaran menggunakan bahan ajar ISPB bertema ?Rokok dan Kesehatan? dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman peserta didik. Motivasi belajar peserta didik meningkat dari 84,06 menjadi 92,86 dengan gain score sebesar 0,55 (kategori sedang). Pemahaman peserta didik meningkat dari 64,58 menjadi 86,88 dengan gain score sebesar 0,63 (kategori sedang).} }