TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKS biologi berbasis masalah yang layak untuk topik perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah, (2) mengetahui keefektifan penggunaan LKS biologi berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menurut model Borg & Gall. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap ketujuh karena hasil penelitian ini disebarkan terbatas di SMA NU 01 Hasyim Asyari. Ketujuh tahapan tersebut yaitu 1). penelitian pendahuluan; 2). melakukan perencanaan; 3). mengembangkan bentuk produk awal; 4). melakukan ujicoba lapangan produk awal; 5). melakukan revisi terhadap produk awal dan menghasilkan produk utama; 6) melakukan ujicoba lapangan produk utama dan 7) melakukan revisi produk utama dan menghasilkan produk akhir. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA NU 01 Hasyim Asyari tahun pelajaran 2013/2014. Data dikumpulkan melalui angket validasi LKS, angket karakter peduli lingkungan, soal kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi penilaian produk daur ulang limbah dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) LKS biologi berbasis masalah layak untuk topik perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah dilihat dari hasil penilaian pada aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan termasuk dalam kategori sangat baik, (2) LKS biologi berbasis masalah efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan siswa M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/12728/ KW - LKS biologi berbasis masalah KW - kemampuan pemecahan masalah KW - karakter peduli lingkungan ID - UNY12728 Y1 - 2014/10/31/ A1 - Tivani, Inur PB - UNY TI - Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas X AV - public ER -