%I UNY %T Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Menarik Kesimpulan dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor Kelas X di SMAN 2 Sleman %D 2014 %L UNY12723 %A Herlina Kalista %K pendekatan inkuiri terbimbing, pembelajaran langsung, kemampuan menarik kesimpulan, kemampuan komunikasi %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan menarik kesimpulan dan kemampuan berkomunikasi siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X di SMAN 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Sleman. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XB sebagai kelas eksperimen. Masing- masing kelas terdiri atas 31 siswa. Data dikumpulkan dengan tes, kuisioner dan observasi. Tes dipergunakan untuk mengukur kemampuan menarik kesimpulan. Lembar kuisioner dipergunakan untuk mengukur kemampuan berkomunikasi. Lembar observasi sebagai data pendukung untuk mengukur kemampuan berkomunikasi. Instrumen divalidasi dari segi isi dan konstruk oleh ahli. Uji coba instrumen hanya dilakukan pada instrumen tes. Teknik analisis data terdiri dari: (1) analisis Rasch untuk mengubah data ordinal menjadi data interval, (2) uji MANOVA untuk melakukan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan menarik kesimpulan mengenai materi pokok suhu dan kalor kelas X di SMAN 2 Sleman (2) tidak ada pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berkomunikasi siswa mengenai materi pokok suhu dan kalor kelas X di SMAN 2