%0 Thesis %9 S2 %A Haryono, Haryono %B Program Pascasarjana %D 2014 %F UNY:12719 %I UNY %K modul berbasis salingtemas, keterampilan proses sains, dan kepedulian lingkungan %T Pengembangan Modul Berbasis Salingtemas untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kepedulian Lingkungan Peserta Didik SMP %U http://eprints.uny.ac.id/12719/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan modul berbasis salingtemas yang layak digunakan untuk pembelajaran sains SMP ditinjau dari komponen kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan; 2) mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan proses sains; 3) mengetahui seberapa besar peningkatan kepedulian lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang meliputi 8 tahap yaitu (1) penelitian pendahuluan, berupa wawancara dengan guru dan peserta didik serta observasi pembelajaran di kelas, (2) perencanaan, berupa analisis kurikulum, (3) pengembangan produk awal berupa draf modul, kemudian melakukan validasi modul yang dilakukan oleh seorang ahli materi, seorang ahli media, dua teman sejawat dan seorang guru sains, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk berdasarkan hasil uji coba lapangan, dan (8) diseminasi hasil penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subjek uji coba adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banjarnegara dengan ketentuan 12 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, dan 65 peserta didik untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan tes. Instrumen pengumpulan data adalah lembar penilaian modul, lembar respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan modul, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar angket kepedulian lingkungan, dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Hasil validasi oleh para ahli, teman sejawat, dan guru sains menunjukkan bahwa modul berbasis saling temas layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan penilaian komponen kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. (2) Ada peningkatan keterampilan proses sains dengan gain standar sebesar 0,75 yang berarti kategori “tinggi”. (3) Ada peningkatan kepedulian lingkungan dengan gain standar sebesar 0,10 yang berarti kategori “rendah”. Modul berbasis salingtemas yang dikembangkan memiliki kelebihan yaitu dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan kepedulian lingkungan sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran sains di SMP