%0 Thesis %9 S2 %A Panda, Florentina Maria %B Program Pascasarjana %D 2014 %F UNY:12717 %I UNY %K Keterlaksanaan, aspek penelitian, kefavoritan sekolah %T Keterlaksanaan Mengajarkan Aspek Penelitian Dalam Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri Hubungannya dengan Kefavoritan Sekolah di Kabupaten Sleman %U http://eprints.uny.ac.id/12717/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) persepsi guru terhadap keterlaksanaan mengajarkan aspek penelitian dalam pembelajaran fisika Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Sleman ditinjau dari penilaian dokumen, observasi dan kecocokan dengan persepsi peserta didik, (2) keterlaksanaan mengajarkan aspek penelitian dalam pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri hubungannya dengan kefavoritan sekolah di Kabupaten Sleman ditinjau dari persepsi guru, penilaian dokumen dan observasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model Descrepancy. Instrumen pada penelitian ini berupa kuesioner guru dan peserta didik, penilaian dokumen dan observasi yang disusun oleh ahli yang diadaptasi dari standar metode ilmiah. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru Fisika Kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Sleman dan 1514 peserta didik yang ditentukan menggunakan tabel penentuan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) persepsi guru terhadap keterlaksanaan mengajarkan aspek penelitian dalam pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Sleman ditinjau dari penilaian dokumen, observasi dan kecocokan dengan persepsi peserta didik menunjukkan pada tahap perencanaan 20% (jarang dan hampir tidak mengajarkan), 20% (jarang dan hampir tidak membuat) dan 26% (jarang dan hampir tidak dilakukan), pada tahap pelaksanaan 20% (jarang dan hampir tidak mengajarkan), 13% (hampir tidak membuat) dan 13% (hampir tidak dilakukan) dan pada tahap pelaporan 33% (jarang dan hampir tidak mengajarkan), 87% (jarang dan hampir tidak membuat) dan 46% (jarang dan hampir tidak dilakukan). Secara keseluruhan keterlaksanaan mengajarkan aspek penelitian pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan menurut persepsi guru dan persepsi peserta didik ada kecocokan, (2) keterlaksanaan mengajarkan aspek penelitian dalam pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Sleman ditinjau dari kefavoritan sekolah ditemukan bahwa aspek penelitian pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan ditinjau dari kefavoritan sekolah saling bergantung berdasarkan persepsi guru, penilaian dokumen dan observasi