@phdthesis{UNY12716, month = {July}, author = {Firdaus Firdaus}, year = {2014}, school = {UNY}, title = {Pengembangan Media Pembelajaran Bervisi SETS Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah}, url = {http://eprints.uny.ac.id/12716/}, keywords = {media pembelajaran berbantuan komputer, SETS, keterampilan pemecahan masalah}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah media pembelajaran bervisi SETS berbantuan komputer layak digunakan dalam pembelajaran fisika dan (2) mengetahui apakah media pembelajaran bervisi SETS berbantuan komputer dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tahapan penelitian ini terdiri dari: (1) melakukan pengumpulan informasi, (2) melakukan perancangan, (3) mengembangkan bentuk produk awal, (4) melakukan uji coba terbatas, (5) melakukan revisi, (6) melakukan uji coba lapangan, (7) melakukan revisi. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi kemudian dinilai oleh guru fisika, teman sejawat, dan siswa. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Yogyakarta III. Uji coba terbatas terdiri dari dua uji yaitu uji coba satu-satu dilakukan kepada 6 orang siswa dan uji coba kelompok kecil dilakukan kepada 12 orang siswa. Uji coba lapangan dilakukan kepada 2 kelas yang terdiri dari 31 siswa dalam kelas eksperimen dan 30 siswa dalam kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi, lembar observasi, dan soal tes keterampilan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian dan pengembangan ini sebagai berikut. (1) Media pembelajaran bervisi SETS berbantuan komputer pada materi fluida dinamis yang dikembangkan sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Penilaian media pembelajaran dari aspek media, materi, dan metode berada dalam kategori sangat baik. (2) Peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran bervisi SETS berbantuan komputer lebih tinggi daripada siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan media pembelajaran bervisi SETS berbantuan komputer} }