%0 Thesis %9 S2 %A Mulyaningsih, Endah Tri %B Program Pascasarjana %D 2014 %F UNY:12700 %I UNY %K perangkat pembelajaran kooperatif tipe group investigation, keterampilan proses sains, keterampilan bekerja sama %T Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Penumbuhkembangan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Bekerja Sama Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Pakem Sleman Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/12700/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang layak dan efektif untuk menumbuhkembangkan keterampilan proses sains dan keterampilan bekerja sama peserta didik kelas X SMA N 1 Pakem Sleman Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall dengan melalui tujuh tahap pengembangan, yaitu (1) studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji pendahuluan, (5) revisi, (6) uji coba lapangan dan (7) revisi produk operasional. Subjek uji coba dalam penelitian adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Pakem dengan rincian 6 orang untuk uji pendahuluan (uji keterbacaan handout dan LKPD) serta 60 orang untuk uji coba di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket dan soal tes. Hasil penilaian kelayakan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang terdiri dari (1) silabus, (2) RPP, (3) handout, (4) LKPD dan (5) perangkat penilaian, dinilai layak menurut penilaian dosen ahli materi, ahli kependidikan dan tiga guru biologi SMA. Hasil uji coba perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif menumbuhkembangkan keterampilan proses sains, keterampilan bekerja sama dan meningkatkan hasil belajar peserta didik