%T Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Sains dalam Pembelajaran Fisika Materi Pokok Fluida di SMA Negeri 1 Sleman %I UNY %D 2014 %L UNY12693 %K LKS, Project Based Learning, kreativitas %A Een Yulianti %X Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kelayakan LKS Project Based Learning yang digunakan untuk meningkatkan kreativitas sains siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sleman materi pokok fluida dan (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas sains siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sleman materi pokok fluida. Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development).Pengembangan yang dilakukan yaitu dengan model 4-D (four-D models), yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba terbatas penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sleman, sedangkan subjek uji coba diperluas penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Aspek kreativitas yang diteliti adalah aspek kognitif, proses, produk, dan sikap. Teknik observasi digunakan untuk mengamati kreativitas siswa aspek proses, produk, dan sikap, sedangkan teknik tes digunakan untuk melihat kreativitas siswa dalam materi fluida secara kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah One Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) LKS berbasis Project Based Learning ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas sains siswa dalam mata pelajaran fisika kelas XI materi pokok fluida dan (2) Penggunaan LKS berbasis Project Based Learning mampu meningkatkan kreativitas siswa kelas XI dalam pembelajaran fisika materi pokok fluida di SMA Negeri 1 Sleman