%0 Thesis %9 S2 %A Sari, Dwi Septiana %B Program Pascasarjana %D 2014 %F UNY:12690 %I UNY %K media audio visual berbasis masalah, motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis %T Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Redoks %U http://eprints.uny.ac.id/12690/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media audio visual berbasis masalah materi redoks untuk peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta, (2) mengetahui kualitas media audio visual berbasis masalah untuk materi redoks yang dikembangkan, dan (3) mengetahui keefektifan media audio visual berbasis masalah untuk materi redoks dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menurut model Borg & Gall. Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi produk, (5) ujicoba terbatas, (6) revisi produk berdasarkan hasil ujicoba terbatas, (7) ujicoba lapangan, (8) revisi produk berdasarkan hasil ujicoba lapangan, dan (9) diseminasi terbatas. Pada tahap studi pendahuluan dilakukan studi pustaka dan studi lapangan. Tahap perencanaan yaitu menentukan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dimasukkan dalam media, membuat rancangan perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian yang digunakan. Tahap pengembangan produk awal yaitu menyusun flowchart, membuat storyboard, mengumpulkan materi, menyusun media dan mewujudkan dalam bentuk CD. Tahap selanjutnya adalah validasi produk oleh ahli materi, ahli media, guru kimia dan teman sejawat dilanjutkan dengan ujicoba terbatas dan ujicoba lapangan, merevisi produk berdasarkan masukan dari hasil penilaian serta mendiseminasikan produk. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui angket validasi media, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi motivasi belajar, angket motivasi belajar, dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengembangan media audio visual berbasis masalah materi redoks dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengembangan, (2) secara umum kualitas media audio visual berbasis masalah materi redoks yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik sehingga produk sudah layak untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran, dan (3) media audio visual berbasis masalah efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran materi redoks