TY - THES TI - Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah M1 - tesis AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Desain penelitian ini adalah expost facto dengan jenis penelitian assosiatif. Populasi penelitian ini meliputi 12 Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya berjumlah 600 siswa. Sampel ditetapkan dengan teknik Issac & Michael dan ditemukan 221 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ketuntasan belajar siswa jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya sebesar 90,05%; (2) kedisiplinan belajar siswa jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya tergolong rendah dengan rata-rata 44,39; (3) kemandirian belajar siswa jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya tergolong rendah dengan rata-rata 55,23; (4) kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya (t =5,22; ?=0,00), dengan koefisien determinasi sebesar 28,1%; (5) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya (t = 2,36; ?=0,02), dengan koefisien determinasi sebesar 21,2%; dan (6) kedisiplinan dan kemandirian belajar secara bersamaan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi jurusan IPS Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya (F =47,21; ?=0,00), dengan koefisien determinasi sebesar 29,6%. UR - http://eprints.uny.ac.id/12682/ KW - Kedisiplinan Belajar KW - Kemandirian Belajar KW - dan Hasil Belajar Y1 - 2014/07/26/ PB - UNY A1 - Sobri, Muhammad ID - UNY12682 ER -