%L UNY12671 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) keterlaksanaan membelajarkan aspek penelitian dalam pembelajaran IPA kelas VIII SMP ditinjau dari persepsi guru yang didukung hasil penilaian dokumen, observasi, dan kecocokan dengan persepsi siswa; (2) keterlaksanaan membelajarkan aspek penelitian dalam pembelajaran IPA kelas VIII SMP ditinjau dari lama mengajar guru di SMPN se-Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model discrepancy. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru IPA kelas VIII SMP N se-Kota Yogyakarta yang berjumlah 13 orang (sensus) dan 398 peserta didik kelas VIII yang diajar oleh guru yang bersangkutan yang diambil secara acak, satu sekolah diambil satu kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan model triangulasi yaitu kuesioner, penilaian dokumen, dan observasi. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan persepsi guru keterlaksanaan membelajarkan aspek penelitian memiliki kecenderungan guru hampir selalu membelajarkan aspek penelitian, hal ini cocok dengan hasil penilaian dokumen, observasi, dan persepsi peserta didik; (2) keterlaksanaan membelajarkan aspek penelitian pada pembelajaran IPA bergantung pada lama mengajar guru. Semakin lama guru mengajar maka semakin banyak pengalaman mengajar seorang guru %A Dewi Anggraini Purwandhari %K keterlaksanaan, aspek penelitian, lama mengajar guru %D 2014 %I UNY %T Studi Keterlaksanaan Membelajarkan Aspek Penelitian dalam Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Berdasarkan Lama Mengajar Guru di SMP Negeri Se-Kota Yogyakarta