TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/12669/ TI - Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Industri Kecil Kimia Berbasis Life Skill untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Peserta Didik AV - public KW - lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis life skill KW - keterampilan proses KW - sikap ilmiah ID - UNY12669 M1 - tesis PB - UNY A1 - Nugraheny, Devita Cahyani Y1 - 2014/01/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan mengetahui kualitas LKPD industri kecil kimia berbasis life skill untuk meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah pesera didik, (2) mengetahui ada tidaknya peningkatan keterampilan proses dan sikap ilmiah peserta didik setelah pengunaan LKPD berbasis life skill dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengikuti langkah-langkah prosedural yang diadaptasi dari langkah-langkah penelitian Borg & Gall. Penilaian kualitas LKPD yang telah dikembangkan berdasarkan aspek isi, kebahasaan, dan kegrafikaan. Produk yang dikembangkan diuji cobakan kepada peserta didik kelas XI SMK N 1 Panjatan pada semester kedua tahun 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik angket. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan proses dan sikap ilmiah peserta didik. Keterampilan proses yang diteliti yaitu observasi, eksperimen, dan komunikasi. Sikap ilmiah yang diteliti yaitu disiplin, teliti, jujur, tanggung jawab, berfikiran terbuka dan kerjasama. Pengamatan sikap ilmiah peserta didik ini juga didukung dengan menggunakan lembar angket yang diisi oleh peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif dan uji kuantitatif. Hasil penelitian berupa LKPD dengan kategori sangat baik untuk semua aspek penilaian. Uji kuantitatif terhadap penggunaan LKPD di sekolah menunjukkan ada peningkatan keterampilan proses meskipun peningkatannya tidak signifikan dan ada peningkatan singnifikan sikap ilmiah peserta didik. Oleh karena itu, LKPD yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah peserta didik ER -