%L UNY12665 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship yang dilihat berdasarkan kategori gender, jenis pekerjaan orang tua, jumlah penghasilan orang tua, dan program keahlian siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Mataram. Desain penelitian ini adalah expost facto dengan jenis penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah kelas XII berjumlah 409 siswa. Besarnya sampel ditetapkan dengan teknik Issac & Michael dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh 191 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan independent sample t-test untuk kategori gender dan jenis pekerjaan orang tua. Untuk kategori jumlah penghasilan orang tua dan program keahlian siswa menggunakan uji anova one-way dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship berdasarkan gender tergolong rendah (laki-laki; 67,94, perempuan; 74,86); (2) kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship berdasarkan jenis pekerjaan orang tua tergolong rendah (wiraswasta; 71,45, bukan wiraswasta; 71,12); (3) kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship berdasarkan jumlah penghasilan orang tua tergolong rendah (0-2 juta; 71,37, 2-3 juta 70,75, dan >3 juta; 72,04); (4) kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship berdasarkan program keahlian akuntansi (71,48), pemasaran (68,94), rekayasa perangkat lunak (69,50), usaha perjalanan wisata (69,50) tergolong rendah dan program keahlian administrasi perkantoran (76,34) masuk kategori tinggi. Hasil uji beda kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship antara siswa laki-laki dan perempuan (P.Sig(2-tailed)=0,000 < α=0,05); (2) tidak terdapat perbedaan kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship antara jenis pekerjaan orang tua siswa wiraswasta dan bukan wiraswasta (P.Sig(2-tailed)=0,759 > α=0,05); (3) tidak terdapat perbedaan kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship antara jumlah penghasilan orang tua siswa 0-2 juta, 2-3 juta, dan >3juta (P.Sig(2-tailed)=0,798 > α=0,05); (4) terdapat perbedaan kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship antara program keahlian akuntansi, pemasaran, rekayasa perangkat lunak, dan usaha perjalanan wisata (P.Sig(2-tailed)=0,000> α=0,05). %A Saiful Bahri %K Kemandirian siswa yang berlandaskan jiwa entrepreneurship. %D 2014 %I UNY %T Komparasi Kemandirian Siswa Yang Berlandaskan Jiwa Entrepreneurship di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Mataram