eprintid: 12652 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/01/26/52 datestamp: 2015-03-09 02:47:49 lastmod: 2019-05-09 01:18:27 status_changed: 2015-03-09 01:25:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Adita, Arum title: Studi Ketercapaian Learning Outcomes KKNI level 6 dan Kemampuan Guru Biologi SMA dalam Mengembangkan Problem-Based Learning ispublished: pub subjects: F1 divisions: pps_sains full_text_status: public keywords: learning outcomes KKNI level 6, problem-based learning, guru biologi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketercapaian learning outcomes guru biologi SMA/MA/SMK lulusan Pendidikan Biologi UNY terhadap KKNI level 6 dan (2) kemampuan guru biologi SMA/MA/SMK lulusan Pendidikan Biologi UNY dalam mengembangkan problem-based learning Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran biologi lulusan UNY 5 tahun terakhir sedangkan objek dalam penelitian ini adalah ketercapaian learning outcomes KKNI level 6 di sekolah dan kemampuan guru dalam mengembangkan problem-based learning (PBL). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Validasi instrumen meliputi validitas konstruk (construct validity) dan validitas konten (content validity) yang diperoleh melalui expert judgement. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Analisis deskiptif kuantitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari lembar angket, lembar observasi dan lembar penilaian. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan ketercapaian learning outcomes KKNI level 6 menurut guru dan kepala sekolah dikategorikan sangat baik dengan mean aktual sebesar 143,30 dan 155,22 dari rentang skor 143 ≤ x ≤ 176 sedangkan menurut peserta didik dikategorikan baik dengan mean aktual 130,03 dari rentang skor 110 ≤ x <143. Kemampuan guru biologi dalam merencanakan PBL dikategorikan baik dengan mean aktual 15,67 dari rentang skor 15 < x < 19,5. Kemampuan melaksanakan PBL dan penilaian autentik dikategorikan baik menurut guru dengan mean aktual 102,2 dari rentang skor 82,5 ≤ x < 107,25, sedangkan menurut peserta didik dikategorikan kurang dengan mean aktual 87,20 dari rentang skor 66,5 < x < 95. date: 2014-09-30 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Adita, Arum (2014) Studi Ketercapaian Learning Outcomes KKNI level 6 dan Kemampuan Guru Biologi SMA dalam Mengembangkan Problem-Based Learning. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/12652/7/tesis-arum-adita-12708251012.swf