%0 Thesis %9 S2 %A Sulistyaningrum, Anggitsari Parendra Pekerti %B Program Pascasarjana %D 2014 %F UNY:12646 %I UNY %K perangkat pelaksanaan,pembelajaran biologi,ecotourism, mangrove, pemahaman konsep, peduli lingkungan %T Penyusunan Perangkat Pelaksanaan Ecotourism untuk Pembelajaran Biologi di Kawasan Mangrove Baros Bantul guna Mengoptimalkan Pemahaman Konsep dan Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan %U http://eprints.uny.ac.id/12646/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas Perangkat Pelaksanaan Ecotourism dari segi kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan berdasarkan hasil validasi, (2) mengetahui kualitas penerapan produk untuk mengoptimalkan pemahaman konsep, (3) mengetahui kualitas penerapan produk untuk menanamkan kepedulian lingkungan, (4) mengetahui kelayakan dan kesesuaian Perangkat Pelaksanaan Ecotourism dengan prinsip-prinsip ecotourism serta peruntukannya dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan Perangkat Pelaksanaan Ecotourism ini menggunakan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Penelitian di lakukan di Kawasan Mangrove Baros Bantul dengan subjek uji coba siswa SMA Negeri 1 Sanden kelas X6 dan X7. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar angket, soal pre-test dan post-test, serta pedoman penulisan dan penilaian laporan. Data hasil validasi dikonversi menjadi nilai skala 5. Data mengenai keterlaksanaan proses dianalisis dengan statisitik deskriptif untuk menentukan persentase keterlaksanaan. Data ketercapaian pemahaman konsep dianalisis dengan statistik deskriptif serta dengan menentukan gain standar dan size effect. Data kepedulian lingkungan dan tanggapan siswa dikonversi menjadi nilai skala 4. Data kelayakan dan kesesuaian kegiatan dengan prinsip-prinsip ecotourism serta peruntukannya dalam proses pembelajaran dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menentukan persentase kelayakan dan kesesuaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk Perangkat Pelaksanaan Ecotourism yang dikembangkan, berdasarkan hasil validasi secara keseluruhan memiliki kualitas yang sangat baik, (2) penerapan produk yang dikembangkan mampu mengoptimalkan pemahaman konsep yang ditunjukkan dari gain standar yang diperoleh sebesar 0,52 (kategori sedang) serta size effect sebesar 2,86, (3) penerapan produk yang dikembangkan juga mampu menanamkan kepedulian lingkungan yang ditunjukkan dari hasil penelitian yang menyatakan 100% siswa memiliki sikap peduli lingkungan yang sangat baik, (4) Perangkat Pelaksanaan Ecotourism 96,87% dinyatakan layak dan sesuai dengan prinsip-prinsip ecotourism. Selain itu, produk ini 92,70% dinyatakan layak dan sesuai untuk proses pembelajaran biologi.