%0 Thesis %9 S2 %A Nailiyah, Afrokhun %B Program Pascasarjana %D 2014 %F UNY:12633 %I UNY %K pengembangan, media pembelajaran, kamus elektronik, telepon seluler kemudahan belajar, pemahaman terminologi %T Pengembangan Kamus Elektronik Biologi Tematik Berbasis Telepon Seluler untuk Meningkatkan Pemahaman Terminologi Biologi dan Kemudahan Belajar Peserta Didik pada Materi Avertebrata %U http://eprints.uny.ac.id/12633/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan e-kamus biologi tematik berbasis telepon seluler yang telah disusun materi Avertebrata menurut penilaian ahli materi, ahli media, pendidik, teman sejawat dan peserta didik; 2) mengetahui keefektifan e-kamus biologi tematik berbasis telepon seluler bagi pemahaman terminology Biologi dan kemudahan belajar peserta didik pada materi Avertebrata. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D yang ditemukan oleh Tiagarajan yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dissaminate (penyebaran). Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli materi yang meliputi aspek kelengkapan materi, kualitas materi pembelajaran, dan kualitas bahasa, dua ahli media yang meliputi aspek keterbacaan teks, keserasian warna, tata letak (lay out), kesesuaian ukuran dan interaksi. Tiga guru dan tiga teman sejawat yang meliputi aspek isi, tampilan media dan interaksi. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas X MAN Sooko Mojokerto, dengan rincian 15 siswa untuk uji coba terbatas, dan 23 siswa untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan tes (pretest-postest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) e-kamus Biologi tematik berbasis telpon seluler yang telah disusun materi Avertebrata layak untuk digunakan dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, kategori baik berdasarkan penilaian guru biologi dan teman sejawat, kategori sangat setuju berdasarkan pendapat peserta didik; 2) terjadi peningkatan pemahaman terminology Biologi dan terjadi peningkatan kemudahan belajar peserta didik. Dengan demikian e-kamus Biologi tematik berbasis telpon seluler dapat digunakan sebagai media pembelajaran