@phdthesis{UNY1263, year = {2012}, title = {EFEKTIFITAS SISTEM LAYANAN SARANA PRASARANA PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 2 PENGASIH}, school = {UNY}, author = {Raharjo Sigit}, month = {March}, url = {http://eprints.uny.ac.id/1263/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketersediaan sarana dan prasarana RPU yang diselenggarakan di program keahlian TGB SMK N 2 Pengasih dan mengetahui (2) tingkat efektifitas layanan sarana dan prasarana perpustakaan di Program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan angket. Dengan Nomogram Harry King, dengan taraf kesalahan yang dikehendaki 5\%, penelitian ini mengambil responden sejumlah 119 orang, yang terdiri 112 peserta didik dan 7 guru Program keahlian TGB. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, dengan mengukur harga mean (M), rentang nilai (Range), dan simpangan baku/standar deviasi (SD). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ketersediaan prasarana pendidikan berupa RPU di Program Keahlian TGB SMK N 2 Pengasih mencapai 100\% yang meliputi ruang kelas, ruang perpustakaan, laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, ruang praktik gambar manual/masinal, dan ruang praktik gambar komputer. Rata - rata ketersediaan sarana pendidikan yang mendukung prasarana RPU adalah sebesar 82.40\%, dengan kategori sangat tinggi. (2) Tingkat efektifitas pelayanan sarana prasarana ruang perpustakaan termasuk dalam kategori efektif dengan prosentase sebesar 65.55\%. Dengan kategori indikator layanan fisik mencapai tingkat efektifitas sebesar 62.46\%, dan pada kategori indikator layanan non fisik mencapai tingkat efektifitas sebesar 67.93\%. Kata kunci : efektivitas, pelayanan, sarana, prasarana, perpustakaan} }