%0 Thesis %9 S2 %A Salastiyanto, Raden %B Program Pascasarjana %D 2014 %F UNY:12613 %I UNY %K evaluasi program, sekolah kejuruan %T Evaluasi Program Agribisnis Tanaman Perkebunan pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Pelalawan %U http://eprints.uny.ac.id/12613/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan program agribisnis tanaman perkebunan pada sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Pelalawan dalam hal: (1) rasionalitas program, (2) relevansi program, (3) dukungan eksternal terhadap program, (4) kualitas ketenagaan, (5) kualitas kurikulum dan bahan ajar, (6) kualitas sarana dan prasarana, (7) kualitas peserta didik, (8) kualitas unit produksi, (9) kualitas proses belajar mengajar, (10) kualitas output, dan (11) kualitas outcome. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Model Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi model CIPP (context, input, process, product) dari Stufflebeam. Responden penelitian terdiri dari siswa dan guru yang mengajar pada program kompetensi keahlian agribisnis tanaman perkebunan di Kabupaten Pelalawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan bantuan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penyelenggaraan program agribisnis tanaman perkebunan sangat rasional, (2) relevansi program dalam kategori baik, (3) dukungan eksternal terhadap program dalam kategori sangat baik, (4) kualitas ketenagaandalam kategori baik, (5) kualitas kurikulum dan bahan ajar dalam kategori baik, (6) kualitas sarana dan prasarana dalam kategori baik, (7) kualitas peserta didik dalam kategori baik, (8) kualitas unit produksidalam kategori baik, (9) kualitas proses belajar mengajar dalam kategori baik, (10) kualitas outputmenurut siswadalam kategori sangat baik dan menurut guru dalam kategori baik, dan (11) kualitas outcomedalam kategori baik