TY - THES PB - UNY A1 - Rosyidah, Mutik N2 - Penelitian ini bertujuan (a) untuk meningkatkan prestasi belajar, (b) mengetahui berapa besar peningkatan prestasi belajar, (c) meningkatkan karakter kerja, dan (d) berapa besar peningkatan karakter kerja pada kompetensi membuat busana wanita siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas XII Tata Busana 2 melalui penerapan metode reflective learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 3 Klaten dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XII Tata Busana 2. Penelitian ini melibatkan satu orang kolaborator pada saat pembelajaran. Perubahan dari tindakan yang diberikan diperoleh dari hasil pengamatan kolaborator. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan tes unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (a) penerapan metode reflective learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam kompetensi membuat busana wanita, (b) peningkatan prestasi belajar siswa pada KD menjahit busana wanita sebesar 25,74%, KD menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan sebesar 65,69%, KD melakukan pengepresan sebesar 26,47%, (c) penerapan metode reflective learning dapat meningkatkan karakter kerja siswa dalam kompetensi membuat busana wanita, (d) peningkatan karakter kerja siswa sebesar 14,4%. Y1 - 2014/11/29/ UR - http://eprints.uny.ac.id/12606/ ID - UNY12606 M1 - tesis TI - Penerapan Metode Reflective Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Karakter Kerja Kompetensi Membuat Busana Wanita Di SMK N 3 Klaten AV - restricted KW - reflektive learning KW - prestasi belajar KW - karakter kerja ER -