%L UNY12572 %A Subagiyo budi Wahono %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan persepsi kepala sekolah terhadap keefektifan supervisi akademik oleh kepala sekolah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut, serta pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pada 4 (empat) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Kebumen. Semua kepala sekolah dijadikan subyek penelitian. Sedangkan untuk guru diambil dengan teknik simple Random Sampling sejumlah 142 orang. Pengambilan data pada penelitian ini dengan angket dan wawancara sebagai pendukung atau cross check. Uji validitas instrumen dengan menggunakan Pearson Correlation. Data kuantitatif diolah secara deskriptif dengan bantuan SPSS 16.0 for window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan supervisi akademik menunjukkan kategori efektif, (2) Pelaksanaan supervisi akademik menunjukkan kategori efektif, (3) Tindak lanjut supervisi akademik menunjukkan kategori efektif, (4) Pengaruh supervisi akademik pada kinerja guru yaitu administrasi menjadi lebih baik, penggunaan metode dan media pembelajaran bervariasi. %K kepala sekolah, supervisi akademik, Sekolah Menengah Kejuruan %T Keefektifan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Kebumen %D 2014 %I UNY