%0 Thesis %9 S2 %A Raharjo, Heru %B Program Pascasarjana %D 2014 %F UNY:12544 %I UNY %K Problem-Based Learning, Direct Teaching, Motivasi Belajar, Kreativitas, Hasil Belajar, Alat Ukur %T Pengaruh Metode Pembelajaran Problem-Based Learning dan Direct Teaching terhadap Hasil Belajar Alat Ukur Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 1 Ngawen Gunungkidul %U http://eprints.uny.ac.id/12544/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan metode PBL dan direct teaching, motivasi belajar tinggi dan rendah, kreativitas tinggi dan rendah; (2) pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar; (3) perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan metode PBL dan direct teaching ditinjau dari motivasi belajar dan kreativitas. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain faktorial non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 1 Ngawen Gunungkidul pada Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah sampel 63 siswa yang terdiri dari kelas X OA dan X OC. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk uraian dan praktek, angket motivasi belajar, dan tes kreativitas verbal. Data diolah secara statistik dengan menggunakan teknik Anava tiga jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan metode PBL dan direct teaching; (2) tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah; (3) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah; (4) ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar; (5) ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar; (6) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan metode PBL dan direct teaching ditinjau dari motivasi belajar rendah, tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan metode PBL dan direct teaching ditinjau dari motivasi belajar tinggi; (7) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan metode PBL dan direct teaching ditinjau dari kreativitas rendah, tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan metode PBL dan direct teaching ditinjau dari kreativitas tinggi