%0 Thesis %9 S2 %A Musyono, Ari Dwi Nur Indriawan %B Program Pascasarjana %D 2014 %F UNY:12502 %I UNY %K aspirasi karir, perkembangan teknologi, status sosial ekonomi, informasi karir, proses pembelajaran %T Pengaruh Perkembangan Teknologi, Status Sosial Ekonomi, Informasi Karir, dan Proses Pembelajaran terhadap Aspirasi Karir Siswa SMK di Kabupaten Kebumen %U http://eprints.uny.ac.id/12502/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan teknologi, status sosial ekonomi, informasi karir, dan proses pembelajaran terhadap aspirasi karir siswa SMK di Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Kebumen berjumlah 2375 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan rumus Krejcie dan Morgan, sehingga dapat dihitung besarnya sampel dari populasi untuk taraf kesalahan 5% didapatkan jumlah sampel sebanyak 331 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Validitas instrumen diketahui berdasarkan content validity dan construct validity. Reliabilitas instrumen diketahui dengan menggunakan rumus Alpha Croanbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Perkembangan teknologi berpengaruh terhadap aspirasi karir siswa SMK di Kabupaten Kebumen dengan sumbangan sebesar 18,4%, (2) Status sosial ekonomi berpengaruh terhadap aspirasi karir siswa SMK di Kabupaten Kebumen dengan sumbangan sebesar 2%, (3) Informasi karir berpengaruh terhadap aspirasi karir siswa SMK di Kabupaten Kebumen dengan sebesar 22,3%, (4) Proses pembelajaran berpengaruh terhadap aspirasi karir siswa SMK di Kabupaten Kebumen dengan sumbangan sebesar 17,4%, dan (5) Perkembangan teknologi, status sosial ekonomi, informasi karir dan proses pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap aspirasi karir siswa SMK di Kabupaten Kebumen dengan sumbangan sebesar 31,9%.