TY - THES AV - public TI - Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Berbantuan Komputer untuk Peserta Didik Kelas Satu Sekolah Dasar KW - media KW - pembelajaran KW - membaca M1 - tesis ID - UNY12459 UR - http://eprints.uny.ac.id/12459/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan secara sistematis media pembelajaran membaca berbantuan komputer untuk peserta didik kelas satu sekolah dasar yang layak dan menarik berdasarkan validasi pakar dan uji pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Produk yang berupa media pembelajaran dikembangkan melalui beberapa langkah, yaitu: (1) analisis kebutuhan berupa pengumpulan informasi awal, (2) proses pengembangan, dan (3) uji lapangan. Pengumpulan informasi awal meliputi studi pustaka dan studi lapangan. Proses pengembangan meliputi pengembangan materi dan pengembangan desain produk, validasi ahli materi ahli media, dan guru. Uji lapangan meliputi ujicoba satu-satu , ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok besar. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar evaluasi ahli dan pengguna. Hasil akhir penelitian pengembangan ini adalah software media pembelajaran membaca berbantuan komputer untuk peserta didik kelas 1 sekolah dasar yang siap digunakan baik dalam proses belajar mengajar di kelas ataupun digunakan secara mandiri. Penilaian ahli materi mengenai kualitas media PBK yang dikembangkan ini adalah sangat baik, dengan rerata skor sebesar 4,6, ahli media menilai sangat baik, dengan rerata skor sebesar 4,47, guru menilai sangat baik, dengan skor rerata 4,85 dan peserta didik pada uji coba lapangan memberikan tanggapan sangat baik dengan rerata skor sebesar 4,85, pada skala 1-5. Adapun hasil pretes dan postes menunjukkan bahwa media ini efektif untuk meningkatkan kemampuan baca peserta didik. Y1 - 2014/04/30/ PB - UNY A1 - Isdianto, Ary ER -