TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/12458/ ID - UNY12458 M1 - tesis AV - public KW - Model pembelajaran berbasis masalah KW - motivasi KW - kreativita pemahaman konsep TI - Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi, Kreativitas dan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas V SDN Nomporejo Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo PB - UNY A1 - Pradipta, Anangga Widya N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, kreativitas, dan pemahaman konsep ilmu pengetahuan peserta didik melalui implementasi model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup 4 langkah kegiatan dalam 1 siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yaitu peserta didik dan guru kelas V SD Negeri Nomporejo pada semester kedua tahun ajaran 2012/2013. Seluruh peserta didik diberi tindakan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, skala motivasi dan tes. Teknik wawancara digunakan pada studi pendahuluan. Skala motivasi digunakan untuk mengetahui motivasi peserta didik. Aspek motivasi meliputi aspek instrinsik motivasi dan aspek ekstrinsik motivasi. Teknik observasi untuk mengetahui kreativitas peserta didik. Aspek kreativitas peserta didik meliputi kelancaran, keluwesan, keaslian, elaborasi dan keterampilan menilai. Tes digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep ilmu pengetahuan alam pokok bahasan pengetahuan tanah, air dan alam sekitar serta peristiwa alam beserta dampaknya. Aspek pemahaman konsep terdiri dari menafsirkan, memberi contoh, mengklasifikasikan, meringkas, menarik inferensi, membandingkan, dan menjelaskan. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kemudian dimaknai dengan kalimat secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan: (1) motivasi, (2) kreativitas, dan (3) pemahaman konsep peserta didik Kelas V SD Negeri Nomporejo hingga kriteria sangat baik pada siklus III. Aspek motivasi peserta didik meningkat dari rata-rata skor pra-tindakan sebesar 106,25 menjadi 157,95. Aspek kreativitas peserta didik meningkat dari rata-rata skor pra-tindakan 24,25 menjadi 42,6. Aspek pemahaman konsep peserta didik meningkat dari rata-rata skor pra-tindakan 16,5 menjadi 23,65. Y1 - 2014/05/31/ ER -