relation: http://eprints.uny.ac.id/12457/
title: Pengaruh Kemampuan Membaca, Penguasaan Kosakata, dan Pemahaman Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba
creator: Asra, A. Andriyani
subject: Bahasa dan Sastra Indonesia
description: Penelitian ini memiliki empat tujuan. Pertama, mengetahui pengaruh kemampuan membaca, penguasaan kosakata, dan pemahaman tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan  menulis narasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba. Kedua, mengetahui pengaruh kemampuan membaca terhadap kemampuan  menulis narasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba. Ketiga, mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan  menulis narasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba. Keempat, mengetahui pengaruh pemahaman tata bahasa terhadap kemampuan  menulis narasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba.   Jenis penelitian ini adalah ex-post facto, dengan melibatkan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Kemampuan membaca sebagai Variabel Bebas I (X1), penguasaan kosakata sebagai Variabel Bebas II (X2), dan pemahaman tata bahasa sebagai Variabel Bebas III (X3). Kemampuan  menulis narasi sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Instrumen penelitian adalah satu angket dan tiga tes. Data dianalisis dengan teknik statistik Regresi Ganda yang diteruskan dengan Regresi Parsial.  Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kemampuan membaca, penguasaan kosakata, dan pemahaman tata bahasa secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi ganda yaitu Fhitung = 24,475 dan nilai signifikansi kurang dari α (0,000 < 0,05). Sebanyak 31,5% variansi kemampuan menulis narasi ditentukan oleh kemampuan membaca, penguasaan kosakata, dan pemahaman tata bahasa. (2) Kemampuan membaca berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi parsial yaitu thitung = 4,481 dan nilai signifikansi = 0,000 < α = 0,05. (3) Penguasaan kosakata berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi parsial yaitu thitung = 3.022 dan nilai signifikansi = 0,003 < α = 0,05. (4) Pemahaman tata bahasa tidak berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi parsial yaitu thitung = 1,113 dan nilai signifikansi = 0,267 > α = 0,05.
date: 2014-07-26
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/12457/2/tesis-a-andriyani-asra-%2012706251002.swf
identifier:   Asra, A. Andriyani  (2014) Pengaruh Kemampuan Membaca, Penguasaan Kosakata, dan Pemahaman Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba.  S2 thesis, UNY.