TY - JOUR SN - 978-979-96880-5-7 KW - guided teaching KW - kualitas pembelajaran KW - dan Fisika Zat Padat Lanjut ID - UNY12420 A1 - Edi, Istiyono A1 - R. Yossi, Aprian Sari A1 - Ariswan, - A1 - Heru, Kuswanto A1 - Suparno, - N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui apakah teknik guided teaching dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika Zat Padat Lanjut dan memperoleh langkah-langlah teknik guided teaching yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika Zat Padat Lanjut Penelitian ini dilaksanakan di FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek penelitian adalah semua mahasiswa Program Studi Fisika kelas Non Reguler Jurusan Pendidikan Fisika yang mengambil mata kuliah Fisika Zat Padat Lanjut tahun 2006/2007. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa: teknik guided teaching dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika Zat Padat Lanjut dan guided teaching yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika Zat Padat Lanjut dengan langkahlangkah: Dosen mengulas kembali materi sebelumnya , Dosen melakukan tes kemampuan awal (pre tes), Dosen memberikan garis besar materi perkuliahan, Dosen membagi kelas menjadi 3 kelompok, Dosen memberikan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) pada masing-masing kelompok dengan tugas yang berbeda untuk menyiapkan bahan diskusi kelas, Dosen melakukan penilaian aktivitas mahasiswa secara individu dalam diskusi kelas, Dosen bersama mahaiswa untuk menyimpulkan materi perkuliahan, Dosen memberikan evaluasi dengan tes (post tes), dan Dosen memberikan tugas untuk persiapan perkuliahan selanjutnya Y1 - 2009/05/16/ UR - http://eprints.uny.ac.id/12420/ AV - public TI - LESSON STUDY DENGAN TEKNIK GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA ZAT PADAT LANJUT JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 ER -