%0 Journal Article %@ 978-979-96880-5-7 %A Petrus, Ongga %A Yani, Sanwaty %A Ferdy, Semuel Rondonuwu %A Wahyu, Hari Kristiyanto %F UNY:12406 %J Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 %K konsepsi, tekanan %T KONSEPSI MAHASISWA TENTANG TEKANAN HIDROSTATIS %U http://eprints.uny.ac.id/12406/ %X Jebolnya tanggul Situ Gintung terjadi karena salah satunya disebabkan oleh tekanan air. Air yang kadang nampak bersahabat ternyata dapat pula menunjukkan kekuatannya untuk menjebol tanggul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepsi mahasiswa tentang tekanan hidrostatis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memahami bahwa tekanan hidrostatis sebanding dengan kedalamannya, namun masih terdapat beberapa mahasiswa yang mengganggap volume air mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatis. Didapatkan pula bahwa mahasiswa Pendidikan Fisika memiliki pemahaman tentang konsep tekanan pada air lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa Pendidikan Matematika. Dapat disimpulkan bahwa konsepsi mahasiswa bervariasi dimana latar belakang pendidikan mempengaruhi variasi tersebut.