TY - JOUR UR - http://eprints.uny.ac.id/12405/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa dengan pembelajaran berbasis internet sebagai penerapan problem based learning (PBL) pada mata kuliah kimia dasar 2 ditinjau dari motivasi, kemampuan berfikir kompleks dan pemrosesan informasi, 2) tanggapan mahasiswa pada pembelajaran berbasis internet sebagai penerapan problem based learning (PBL) pada mata kuliah kimia dasar 2. Sejalan dengan tujuan di atas, penelitian ini didesain sebagai penelitian tindakan kelas yang dikenakan pada mahasiswa peserta perkuliahan Kimia Dasar 2. Data berupa nilai pemahaman konsep kimia, kemampuan berfikir kompleks dan pemrosesan informasi serta tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Data motivasi dan kemampuan berfikir kompleks dan pemrosesan informasi dikumpulkan melalui observasi objek, dan pemberian angket. Data sikap mahasiswa diambil dengan menggunakan angket. Semua data dianalisis secara deskriptip Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas pembelajaran Kimia dengan menggunakan pembelajaran berbasis internet sebagai penerapan PBL dapat dilihat dari dua hal. Kemampuan berfikir kompleks dan pemrosesan informasi mahasiswa dengan mengguakan metode ini termasuk dalam criteria baik. Motivasi belajar Kimia secara umum dapat ditingkatkan, 2) ada 23 (46,94%) mahasiswa yang dengan tegas menyatakan menyukai metode ini dan 2 (4,08%)mahasiswa menyatakan tidak menyukai model ini, meskipun tidak memberi pernyataan tegas, ada 16 (32,65%) orang yang memberi pernyataan positip dan 8 (16,33%) orang memberi pernyataan negatif. AV - public SN - 978-979-96880-5-7 TI - PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET SEBAGAI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR 2 A1 - Crys, Fajar Partana JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 Y1 - 2009/05/16/ KW - PBL KW - kualitas hasil belajar KW - Kimia Dasar 2 ID - UNY12405 ER -